MAKALAH STRUKTUR PASAR
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melancarkan
kegiatan kami dalam menyusun makalah ini, sehingga makalah kami dapat selesai
dengan baik.
Penulisan
makalah ini dilaksanakan untuk tujuan memenuhi syarat pennyelesaian tugas pada
Mata Kuliah Pengantar Ekonomi Mikro STIE SAK dan bertujuan untuk memeberikan
informasi yang bermanfaat bagi pembaca.
Kami
selaku penyusun makalah ini sadar bahwa makalah kami masih banyak
kekurangan yang harus di perbaiki, maka dari itu kami meminta maaf atas
kekurangan kami tersebut.
Sungai Penuh, 2012
Penulis
DAFTAR
ISI
BAB 1
Pendahuluan
Latar
Belakang......................................................................................................................................3
Tujuan
Penulisan....................................................................................................................................3
BAB 2
PEMBAHASAN
Pengertian Struktur
Pasar.......................................................................................................................4
Pasar Persaingan
Sempurna...................................................................................................................4
Pasar Monopoli………………………………………………………………………….......………..5
Pasar Ologopoli…………………………………………………………………….......……………..6
Jenis – jenis pasar
oligopoly………………………………………………………………........……...7
Pasar Monopolistik dan Pasar
Duopoli…………………………………………………….............…..7
Studi kasus…………………………………………………………………………………......……..8
BAB 3
PENUTUP
Kesimpulan dan
saran............................................................................................................................9
Daftar
Pustaka……..................................................................................................................………10
BAB
I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi
antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa
tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar)
dan jumlah yang diperdagangkan.
Jadi
setiap proses yang mempertemukan antara pembeli dan penjual, maka akan
membentuk harga yang disepakati antara pembeli dan penjual.
Dalam
kehidupan sehari-hari kita dapat melihat pasar dalam bentuk fisik seperti pasar
barang (barang konsumsi). Secara sederhana pasar dapat dikelompokkan menjadi:
a.
Menurut segi fisiknya, pasar dapat dibedakan menjadi beberapa macam, di
antaranya:
1)
pasar tradisional
2)
pasar raya
3)
pasar abstrak
4)
pasar konkrit
5)
toko swalayan
6)
toko serba ada
b.
Sedangkan berdasarkan jenis barang yang dijual, pasar dibedakan menjadi
beberapa macam di antaranya:
1)
pasar ikan
2)
pasar sayuran
3)
pasar buah-buahan
4)
pasar barang elektronik
5)
pasar barang perhiasan
6)
pasar bahan bangunan
7)
bursa efek dan saham.
Aktivitas
usaha yang dilakukan di pasar pada dasarnya akan melibatkan dua subyek pokok,
yaitu produsen dan konsumen. Kedua subyek tersebut masing-masing
mempunyai peranan yang sangat besar terhadap pembentukan harga barang di pasar.
2. Tujuan
Adapun
Tujuan Penulisan karya tulis ini adalah :
1.
Agar mahasiswa dapat mengetahui mengenai struktur-struktur pasar di
Indonesia.
2.
Agar Mahasiswa Melatih Menyusun Makalah dalam upaya untuk meningkatkan
pengetahuan, menganalisis data, dan kreatifitas mahasiswa.
3.
Agar mahasiswa lebih mudah memahami mengenai struktur pasar secara
terperinci.
4.
Memenuhi persyaratan penyelesaian tugas softskill Teori Organisasi Umum
2.
BAB
II
PEMBAHASAN
• Pengertian Struktur Pasar
Struktur pasar adalah
penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri
seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri,
mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam
kegiatan industri.
Biasanya dibagi kedalam beberapa
jenis, yaitu
Ø
Pasar persaingan sempurna
Ø
Pasar persaingan tidak sempurna, yang biasanya ada beberapa jenis
lagi diantaranya :
-
Pasar
monopoli
-
Pasar
oligopoly
-
Pasar
monopolistic
-
Pasar
duopoly
Dari beberapa, jenis pasar diatas
kami akan menjelaskanya satu persatu.
1. Pasar Persaingan Sempurna
Terjadi dimana, jumlah penjual dan
pembeli yang banyak dengan produk yang bersifat homogen atau produk yang
sama.
Sifat-sifat pasar persaingan
sempurna :
- Jumlah penjual dan pembeli banyak
- Barang yang dijual sejenis, serupa
dan mirip satu sama lain
- Penjual bersifat pengambil harga
(price taker)
- Harga ditentukan mekanisme pasar
permintaan dan penawaran (demand and supply)
- Posisi tawar konsumen kuat
- Sulit memperoleh keuntungan di
atas rata-rata
- Sensitif terhadap perubahan harga
- Mudah untuk masuk dan keluar dari
pasar
Aplikasi :
1. Produsen secara indivigual tidak
dapat mempengaruhi harga
2. Harga ditentukan oleh pasar
3. Produsen sebagai price maker
4. Kurva sejajar sumbu horizontal
Dalam pasar persaingan sempurna,
keputusan mengenai jumlah output perusahaan secara individual tidak bisa
mempengaruhi tingkat harga, dan untuk keputusan mengenai penentuan harga, kurva
permintaan menggambarkan secara horizontal, oleh karena itu harga dianggap
konstan, berapapun output yang dihasilkan. Dengan demikian maka laba total akan
didapat pada saat: MR = P = MC sepanjang P > AVC.
v
Contoh dalam kehidupan
nyata adalah pasar ikan di muara angke,ada banyak penjual yang
menjual ikan dengan macam-macam jenis yang sama tapi tidak pernah sepi karena
banyak konsumen yang datang untuk membeli ikan disitu karena mereka tahu untuk
kualitas ikan di situ.
2. Pasar Monopoli
Terjadi dimana, ketika hanya
terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
Sifat-sifat pasar monopoli :
- Hanya terdapat satu penjual atau
produsen
- Harga dan jumlah kuantitas produk
yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan monopoli
- Umumnya monopoli dijalankan oleh
pemerintah untuk kepentingan hajat hidup orang banyak
- Sangat sulit untuk masuk ke pasar
karena peraturan undang-undang maupun butuh sumber daya yang sulit didapat
- Hanya ada satu jenis produk tanpa
adanya alternatif pilihan
- Tidak butuh strategi dan promosi
untuk sukses
Ada beberapa penyebab terjadinya
pasar monopoli, di antara penyebabnya adalah sebagai berikut:
1) Ditetapkannya Undang-undang
(Monopoli Undang-undang). Atas pertimbangan pemerintah, maka pemerintah dapat
memberikan hak pada suatu perusahaan seperti PT. Pos dan Giro, PT. PLN.
2) Hasil pembinaan mutu dan
spesifikasi yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain, sehingga lama kelamaan
timbul kepercayaan masyarakat untuk selalu menggunakan produk tersebut.
3) Hasil cipta atau karya seseorang
yang diberikan kepada suatu perusahaan untuk diproduksi, yang kita kenal dengan
istilah hak paten atau hak cipta.
4) Sumber daya alam. Perbedaan
sumber daya alam menyebabkan suatu produk hanya dikuasai oleh satu daerah
tertentu seperti timah dari pulau Bangka.
5) Modal yang besar, berarti
mendukung suatu perusahaan untuk lebih mengembangkan dan penguasaan terhadap
suatu bidang usaha.
v
Contoh nyata adalah pada waktu penjajahan, belanda menguasai
setiap rempah-rempah yang ada di indonesia dengan membelinya sesuai dengan
harga yang ditentukan oleh belanda.
PT.KAI kereta api di Indonesia hanya
dimiliki atau dikelola oleh PT.KAI
3. Pasar oligopoli
suatu bentuk persaingan pasar yang
didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah area. Umumnya
jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
Sifat-sifat pasar oligopoli :
- Harga produk yang dijual relatif
sama
- Pembedaan produk yang unggul
merupakan kunci sukses
- Sulit masuk ke pasar karena butuh
sumber daya yang besar
- Perubahan harga akan diikuti
perusahaan lain
Jenis-jenis pasar Oligopoli
Berdasarkan produk yang
diperdagangkan, pasar oligopoli dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :
1. Pasar oligopoli murni (pure
oligopoly)
Ini merupakan praktek oligopoli
dimana barang yang diperdagangkan merupakan barang yang bersifat identik,
misalnya praktek oligopoli pada produk air mineral dalam kemasan atau semen.
2. Pasar oligopoli dengan pembedaan
(differentiated oligopoly)
Pasar ini merupakan suatu bentuk
praktek oligopoli dimana barang yang diperdagangkan dapat dibedakan, misalnya
pasar sepeda motor di Indonesia yang dikuasai oleh beberapa merek terkenal
seperti Honda, Yamaha dan Suzuki
Produk-produk air mineral dalam
kemasan merupakan salah satu contoh bentuk praktek pasar oligopoli murni, sebab
produk yang ditawarkan merupakan barang yang bersifat identik.
4. Pasar monopolistik
Bentuk pasar di mana terdapat banyak
produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam
beberapa aspek/merupakan cirri dari produk masing-masing.
Sifat-sifat pasar monopolistik :
- Untuk unggul diperlukan keunggulan
bersaing yang berbeda
- Mirip dengan pasar persaingan
sempurna
- Brand yang menjadi ciri khas
produk berbeda-beda
- Produsen atau penjual hanya
memiliki sedikit kekuatan merubah harga
- Relatif mudah keluar masuk pasar.
v
Contoh dalam kehidupan nyata, seperti yang lagi trend adalah keripik
singkong. Dimulai dari keripik singkong yang di beri nama maichi,
sekarang sudah mulai menjamur dimana-mana keripik dengan model yang hampir
mirip dengan nama berbeda ataupun hanya dengan logo yang berbeda tapi
menggunakan nama maichi.
5. Pasar Duopoli
Duopoli adalah suatu pasar di mana
penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan.
Contoh: Penawaran minyak pelumas
dikuasai oleh Pertamina dan Caltex.
• Studi Kasus
Pada masa sekarang-sekarang banyak sekali
bisnis-bisnis yang dijalankan oleh berbagai masyarakat. Contohnya saja adalah
bisnis online shop, bisnis pulsa, dan lain sebagainya. Pada kali ini kami akan
membahas mengenai bisnis pulsa elektrik. Bagi kita yang memulai usaha
kecil-kecilan tentunya ada saja hambatan yang sering dialami oleh pelaku
bisnis, tetapi dalam dunia usaha kiranya harus selalu memiliki gairah dan
pikiran yang terbuka. Memiliki pikiran untuk selalu berfikir kreatif agar usaha
kita semakin maju, sukses dan lancar.
Bisnis pulsa adalah sebuah peluang bisnis yang
tidak akan pernah mati. Modal kecil proses tidak berbelit-belit bisa langsung
buka counter pulsa dimana saja. Karena setiap orang pasti membutuhkan pulsa,
baik untuk menelpon, sms, atau browsing. Hampir setiap orang memiliki
handphone, bahkan lebih dari 1. Handphone pun bukan lagi disebut sebagai barang
mewah melainkan sudah menjadi kebutuhan pribadi,baik anak
kecil,pejabat,karyawan, mahasiswa, dan pedagang pun sudah memilkinya. Bisnis
pulsa adalah sebuah peluang usaha yang real. Hanya dengan melakukan pendaftaran
dan pengisisan deposit sebesar 50rb, sudah bisa untuk berjualan pulsa atau
mengisi pulsa sendiri. Hasil yang diperoleh berbanding lurus dengan seberapa
giat menjalankan bisnis pulsa ini. Jika aktif maka akan memperoleh hasil yang
lebih cepat dan lebih besar. Tinggal pakai deposit yang Anda miliki kapan saja
dan dimana saja 24 jam nonstop. Untuk menjalankan bisnis pulsa ini tidak
dibutuhkan modal besar. Lakukan saja sebagai bisnis sambilan dalam mengisi
waktu luang.
Dari tahun ke tahun, pemilik handphone terus
meningkat sementara harga hp sendiri justru semakin turun. Bisnis pulsa ini
bisa jadi usaha sambilan. Keuntungannya : tidak perlu repot cari counter
pulsa, sekaligus dapat harga distributor pulsa yang jauh lebih murah.
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan :
Dari makalah yang kami buat ada
point – point penting tentang Materi Struktur Pasar, yaitu :
-
Struktur pasar adalah Penggolongan berbagai jenis pasar berdasarkan
strukturnya.
-
Struktur pasar biasanya dibagi kedalam beberapa jenis, yaitu pasar
persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.
- Pasar
persaingan sempurna adalah persaingan yg terjadi dimana, jumlah penjual dan
pembeli yang banyak dengan produk yang bersifat homogen atau produk yang sama.
- Pasar
persaingan tidak sempurna biasanya dibagi beberapa jenis, yaitu Pasar monopoli,
Pasar oligopoly, Pasar monopolistic, Pasar oligopsoni, dan Pasar duopoly.
Saran :
Tentunya ada kekurangan tentang
makalah kami, kerena itu kami berharap banyak untuk para pembaca untuk
memberikan kritik dan saran yang membangun agar sempurnanya makalah di
kesempatan - kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi para
pembaca, khususnya bagi pembaca yang membutuhkan ilmu dari makalah kami.
DAFTAR
PUSTAKA
http://arzamitra.wordpress.com/2011/11/13
http://putracenter.net/2009/07/22/teori-ekonomi-mikro-struktur-pasar/
http://diwika.blogspot.com/2011/03/makalah-struktur-pasar.html
http://alvinjunizar.blogspot.com/2011/02/makalah-struktur-pasar.htm
thanks min
BalasHapus