Teori
Ekonomi Mikro Struktur Pasar
Struktur pasar ialah karakteristik organisasi pasar yang mempengaruhi
sifat kompetisi dan harga di dalam pasar ( Bain, 1952 ). Unsur-unsur struktur
pasar meliputi: konsentrasi, differensiasi produk, ukuran perusahaan, Hambatan
masuk, dan integrasi vertikal serta diversifikasi. Dalam teori ekonomi mikro struktur pasar
dibagi dalam 4 macam bentuk ( Paul A. Samuelson, 1995 p.
193-194 ), yaitu :
1. Persaingan sempurna, adalah struktur pasar
yang ditandai oleh jumlah pembeli dan penjual yang sangat banyak.
Transaksi setiap individu tersebut (Pembeli dan penjual) sangat kecil
dibandingkan output industri total sehingga mereka tidak bisa mempengaruhi
harga produk tersebut. Perusahaan-perusahaan tidak mampu untuk melakukan
diffrensiasi produk atau produk homogen. Para pembeli dan penjual secara
individual hanya bertindak sebagai penerima harga ( Price taker ). Informasi
tentang harga dan kualitas produk itu sempurna dan setiap perusahaan bisa
dengan mudah mendapatkannya. Pada pasar ini tidak adanya hambatan untuk masuk
atau keluar. Dalam jangka panjang tidak ada perusahaan atau industri yang
menerima laba di atas normal.
2. Pasar Monopoli adalah struktur pasar yang
ditandai oleh adanya seorang produsen tunggal. Produk yang dihasilkan
oleh perusahaan monopolis tidak ada barang substitusinya. Adanya
ketidaksempurnaan atau tingginya hambatan di dalam memperoleh informasi tentang
produk seperti harga dan kualitas. Perusahaan monopolis bebas untuk menentukan
jumpah output dan harga produk kapan saja. Perusahaan monopolis bisa
mendapatkan keuntungan di atas keuntungan normal dalam jangka panjang.
3. Persaingan monopolistik, adalah struktur pasar yang
sangat mirip dengan persaingan sempurna tetapi yang membedakan dengan pasar
persaingan sempurna ialah bahwa pada pasar ini produsen mampu membuat
perbedaan-perbedaaan pada produknya ( differensiasi produk ) dibandingkan
produsen lain. Kemampuan untuk mendapatkan informasi mengenai produk
tidak sulit. Perusahaan-perusahaan dalam pasar monopolistik ini mudah untuk
masuk dan keluar dari industri. Pada pasar ini juga, perusahaan-perusahaan
hanya mampu menerima profit normal dalam jangka panjang.
4. Oligopoli, adalah struktur pasar di
mana hanya ada sejumlah kecil perusahaan yang memproduksi hampir semua output
industri dan mempunyai keputusan yang saling mempengaruhi. Adanya
ketidaksempurnaan dan hambatan dalam memperoleh informasi mengenai produk,
Adanya kemampuan pengendalian harga tetapi sedikit. Sebagian produk
didiferensiasikan tetapi sedikit sehingga adanya sedikit perbedaan produk
antara produsen. Dalam teori ekonomi mikro, model Oligopoli dibagi dalam dua
jenis, yaitu : pertama, oligopoli Non-kolusif terdiri dari model
Cournot, model Bertrand, model Chamberlain, Model Sweezy dan model Stackelberg.
Kedua, oligopoli kolusif yang terdiri dari kartel dan kepemimpinan harga.
( A. Koutsoyyianis, 1975:216-253).
0 komentar:
Posting Komentar